Shanghai - GP Cina adalah podium nomor satu pertama yang bisa digapai Valentino Rossi musim ini. Tak ayal pembalap Yamaha itu kini lega dan percaya diri, setelah tiga seri sebelumnya tak kuasa jadi juara.

Setelah mengganti ban Michelin menjadi Bridgestone, di awal musim ini performa Rossi belum maksimal. Belum ada podium puncak yang ditorehkannya, kendati sudah dua kali naik podium di dua seri terakhir --posisi dua di Spanyol dan tiga di Portugal.

Akan tetapi, dahaga akan juara akhirnya terpuaskan di Shanghai, Minggu (4/5/2008). Usai tampil dominan, pembalap Italia tersebut melengkapinya dengan finis paling pertama.

"Saya sangat senang karena saya sudah lama tanpa kemenangan. Itu adalah periode berat buat saya. Kami mengganti ban dan beberapa hal lainnya, jadi kami harus bekerja keras, tapi kami selalu tahun kami punya potensi bagus," lega Rossi seperti dilansir Autosport.

"Saya merasa benar-benar enak dari hari Jumat pekan ini. Itu kali pertama saya masih memiliki laju yang baik setelah 15 lap dan bagus bisa lolos kualifikasi dari baris depan kemarin," lanjut dia.

Pagi hari sebelum balapan, hujan sempat mengguyur sirkuit. Namun lintasan akhirnya kering ketika balapan berlangsung, yang mana adalah kondisi yang disukai Rossi.

"Pagi ini ketika saya melihat hujan, saya sedikit kesal. Tapi setelah saya melihat kemungkinan balapan berlangsung kering, saya pikir inilah hari saya. Saya merasa percaya diri di atas motor dari putaran pertama dan setelah saya bisa ke depan saya bisa merasakan ritme. Saya merasa catatan lap 1:59.6 detik akan cukup tapi Dani (Pedrosa) menempel saya jadi saya harus berusaha kian keras."

"Ini adalah kemenengan hebat karena saya bisa mengendarai motor sesuai keinginan, sampai garis akhir. Saya harus berterimakasih kepada tim karena ini bagus buat kami dan saya merasa percaya diri sampai akhir musim," tandas Rossi.

(krs/krs)